Beberapa Faktor Penyebab Ngantuk, Cara - Cara Untuk Mengatasinya dan Cara Pencegahannya Dijamin Tidak Ngantuk Lagi

Alauddinsm - Satu kemewahan yang tak ternilai  dan baru terasa setelah anda semakin dewasa adalah Kemewahan tidur siang.

Lihat saja rekan kerja atau teman sekelas baik dikelas maupun di kampus. Biasanya, memasuki waktu setelah makan siang, mata menjadi berair karena menguap. Jika sudah terjadi itu, berbagai hal mengenai cara menghilangkan rasa ngantuk segera ingin dicoba.

Kopi pada umumnya menjadi pilihan utama. Akan tetapi selain minum kopi, ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih segar.

Setelah makan siang merupakan waktu-waktu rawan ngantuk. Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menghilangkan rasa ngantuk.

 

kesehatan adalah nomor satu

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Ngantuk

Rasa ngantuk yang muncul saat beraktivitas pada siang hari umumnya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

Stres dan Depresi

Stres dan depresi mengakibatkan seseorang sulit tidur nyenyak pada saat malam hari dan mengakibatkan mereka merasa ngantuk pada siang hari. Depresi sering dikaitkan dengan beberapa masalah gangguan tidur, misalnya insomnia, apnea tidur obstruktif, dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).

Kurang Tidur

Beberapa efek dari kurang tidur adalah mudah ngantuk, sulit untuk menahan emosi, dan respons melambat. Selain sebabnya karena kurang tidur, ngantuk juga dapat disebabkan karena terlalu banyak tidur. Menurut penelitian, orang yang tidur melebihi 8 jam, justru lebih mudah merasa ngantuk keesokan harinya.

Jarang Bergerak

Berdiam diri sangat lama di depan komputer atau di atas meja pasti membuat tubuh anda terasa lelah dan ngantuk. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk berolahraga ringan di sela-sela kegiatan di kantor. Dengan seperti itu, sirkulasi darah di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.

Dehidrasi

Kekurangan air minum atau dehidrasi bisa membuat tubuh mudah lelah dan rasa ngantuk akan datang. Air putih sangatlah penting untuk membuat semua sistem di dalam tubuh Anda bekerja dengan sangat baik, dan juga membantu memaksimalkan energi ketika melakukan aktivitas fisik.

Makanan Tidak Sehat dan Konsumsi Kafein Terlalu Banyak

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan ngantuk, seperti mengonsumsi kafein dan alkohol terlalu banyak. Untuk itulah, lakukan selalu untuk menerapkan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur.

Selain faktor-faktor di atas, Anda juga dapat dengan mudah mengantuk sebab penggunaan obat-obatan seperti obat untuk mengatasi penyakit tertentu, seperti hipertensi, asma, atau gangguan jantung. Rasa ngantuk yang timbul bisa dipengaruhi oleh kondisi medis seperti anemia, diabetes mellitus, hingga malnutrisi.

 

Cara - Cara Menghilangkan Ngantuk

Meski tubuh sudah cukup tidur, terkadang rasa kantuk atau ngantuk pasti akan datang menghampiri di siang hari. Nah, ada beberapa cara untuk menghilangkan ngantuk agar kinerja bisa optimal kembali.Langsung saja simak tips di bawah ini

Asupan Kafein

Jika anda rasa ngantuk sudah begitu hebat, cobalah untuk minum kopi atau minuman berkafein lainnya. Kafein adalah stimulan, artinya dapat meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf.

Dengan begitu kafein bisa meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan kinerja mental, dan membantu anda melawan rasa kantuk. Namun, jangan berlebihan!!

Meminum terlalu banyak kafein bisa menyebabkan tubuh secara berlebihan dan membuat anda merasa gelisah, hal ini justru mungkin memengaruhi tingkat produktivitas anda.

Tidur Siang Meski Sebentar Ketika Jam Istirahat

Tidur ketika siang hari tidak perlu selama 3 atau 4 jam. Cukup tidur saat istirahat siang selama 15-30 menit,dapat membuat anda kembali segar dan memberikan cukup energi untuk menyelesaikan aktivitas anda hari itu. Aktivitas tidur cepat ini, dinamakan power nap dan memang sudah terbukti bisa kembali mengisi tenaga.Ada beberapa jenis tidur singkat, di antaranya adalah sebagai berikut:

Power Nap merupakan tidur singkat yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Fungsi dari power nap yaitu untuk mengembalikan konsentrasi, fokus, dan energi.

Mini Nap merupakan kondisi tidur sejenak dimulai dari 5 sampai 15 menit. Jenis tidur singkat ini sering dilakukan oleh pekerja kantoran dengan jam kerja padat.

Nano Nap membutuhkan waktu tidur sekitar 2 sampai 5 menit saja. Tidur singkat ini dibutuhkan ketika mata sudah sangat berat, karena rasa kantuk yang tidak tertahankan.

Pastikan Anda Mendapatkan Cukup Cahaya

Jika anda bekerja atau belajar di ruangan tertutup, coba buka jendela ataupun tirai dan biarkan cahaya alami masuk. Karena sinar matahari bisa meningkatkan tingkat kewaspadaan dan energi anda.

Jika tak ada jendela, anda dapat menggunakan lightbox dan letakkan di dekat meja. Lightbox memancarkan cahaya UV tingkat rendah dan membantu anda mengatur siklus bangun sehingga anda tidak terlalu mengantuk.

Tidak Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama di satu tempat saja dan dalam posisi yang selalu sama bisa membuat anda mengantuk. Padahal, ini yang setiap harinya dilakukan oleh para pekerja kantoran. Untuk menghindari rasa kantuk, Anda sesekali untuk berdiri dari kursi dan berjalan ke tempat yang lain supaya darah dapat mengalir dengan baik. Setelah itu, dijamin tubuh anda akan terasa lebih segar dan rasa kantuk berkurang.

Menghilangkan Ngantuk Dengan Asupan Air Cukup

Kelelahan atau ngantuk adalah tanda anda mengalami dehidrasi. Selain menghabiskan energi, dehidrasi juga dapat mengganggu fungsi kognitif dan membuat proses berpikir semakin sulit.

Berdasarkan sebuah studi, tingkat dehidrasi ringan hingga ke sedang bisa merusak ingatan jangka pendek, konsentrasi, kemampuan matematika, kewaspadaan, dan persepsi.

Oleh sebab itu penting untuk memastikan jikalau anda mendapat asupan air yang cukup dan dapat menggunakan bantuan alarm agar tak lupa minum.

Tidak Makan siang Yang Tak Terlalu Berat

Makan terlalu banyak dan berat ketika makan siang dapat membuat rasa mengantuk. Sebab itu ketika makan siang, dibanding nasi padang, lebih baik pilih asupan yang ringan dan mengandung banyak sayur dan buah-buahan. Hindari camilan manis, soda, atau karbohidrat seperti roti putih dan pasta putih.

Pastikan semua makan anda mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan sumber lemak sehat. Berikut beberapa contoh asupan yang dapat anda coba:

Protein : ikan putih seperti nila, lentil, kacang, daging unggas, selai kacang, tahu, daging sapi tanpa lemak, telur, yogurt

Karbohidrat kompleks : buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, gandum, beras merah, roti gandum

Lemak sehat : alpukat, salmon, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kelapa, selai kacang

Mendengarkan Musik Yang Ceria

Salah satu hal yang bisa membuat rasa kantuk menyerang adalah sunyinya suasana ruang kerja. Oleh sebab itu, salah satu cara mengusir rasa ngantuk yang efektif yaitu dengan mendengarkan musik yang ceria dan bertempo cepat atau up beat. Musik itu dapat membangkitkan suasana hati anda.

Istirahatkan Mata Sebentar

Cara menghilangkan ngantuk yaitu dengan mengistirahatkan mata. Ngantuk dapat disebabkan oleh mata yang terlalu lelah memandang layar gadget.

Terus-menerus menatap layar komputer secara konstan bisa membuat kelelahan mata dan memperburuk kantuk serta kelelahan. Berpalinglah sebentar dari layar selama beberapa menit secara berkala untuk menenangkan mata.

Mencuci Muka

Apabila anda sudah benar-benar mengantuk, menyiramkan sedikit air ke wajah atau cuci muka mungkin bisa jadi cara menghilangkan kantuk yang ampuh. Terutama menggunakan air dingin, sangat efektif menghilangkan rasa ngantuk.

Pastikan Tidur Malam Anda Berkualitas

Sebab mengantuk di siang hari yang paling umum yaitu kualitas tidur ketika malam hari buruk. Tidur merupakan peran penting dalam memelihara suasana hati, perhatian, motivasi, dan memori.

Faktanya, menjadikan tidur sebagai prioritas baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, mungkin merupakan cara paling efektif untuk tetap waspada di siang hari.

Luangkan waktu untuk tidur siang, dan patuhi jadwal tidur teratur untuk membantu mempermudah aktivitas anda di siang hari.

Melakukan Kesibukan Selama Jam Kerja

Terkadang, rasa kantuk datang ketika sedang tidak terlalu banyak tugas. Untuk menghindari kantuk yang berlebih, anda bisa mengisi waktu luang ketika jam kerja dengan menyicil pekerjaan untuk esok hari.

Lakukan Peregangan

Melakukan stretching atau peregangan di meja kantor mampu mengusir rasa kantuk. Peregangan sederhana dapat dilakukan dengan merentangkan tangan, menekuk leher ke samping kiri dan kanan, atau hanya sekadar memutar badan ke kiri dan kanan sambil duduk di atas kursi.

Ngobrol Dengan Teman

Ngobrol dengan teman sekantor merupakan salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk yang menyenangkan. Apabila ada keperluan, anda dapat berjalan ke meja rekan kerja, dibanding hanya mengirim email atau bertukar pesan lewat chat.

Menghirup Minyak atau Benda yang Beraroma Tajam

Menghirup aroma yang kuat seperti aroma minyak kayu putih, lemon, atau daun mint, dapat membuat lebih “melek”. Selain itu, aroma kopi dapat memberikan efek yang sama.

Ambil Nafas Dalam - Dalam

Berada di posisi duduk secara terus-menerus dapat membuat paru-paru sulit untuk membesar dan menangkap udara secara maksimal. Hal seperti membuat tubuh kekurangan oksigen, sehingga merasa ngantuk. Dengan melatih pernapasan dan mengambil napas dalam-dalam, kebutuhan oksigen akan terpenuhi dengan baik, dan rasa lelah serta ngantuk akan berkurang.

Rasa Ngantuk Bisa Hilang Dengan Penanganan Secara Medis

Secara khusus jika disebabkan oleh keadaan tertentu, seperti sleep apnea. Sebelum melakukan penanganan, dokter akan melakukan diagnosis terhadap kondisi Anda terlebih dulu, dengan cara:

Menanyakan durasi dan pola tidur Anda setiap harinya.

Menanyakan obat-obatan yang sering dikonsumsi.

Pemeriksaan darah lengkap, jika diperlukan.

Melakukan tes urine dan CT scan di kepala.

Melakukan electroencephalogram (EEG).

Setelah diagnosis dilakukan, metode penanganan yang akan diberikan tergantung pada kondisi yang menyebabkan rasa ngantuk itu muncul.

 

Cara Mencegah Ngantuk

Selain cara menghilangkan rasa ngantuk di atas, kita juga dapat melakukan perubahan gaya hidup, agar tubuh terasa lebih segar sepanjang waktu. Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar tidak terlalu sering merasa ngantuk.

  • Tidur yang cukup
  • Menjauhkan hal-hal yang bisa mendistraksi tidur kita dari kasur
  • Bangun di jam yang sama setiap hari
  • Tidur lebih awal
  • Makan secara teratur
  • Rutin berolahraga
  • Tidak tidur kecuali jika sudah benar-benar mengantuk
  • Melakukan kegiatan yang bisa membuat rileks


Melakukan cara menghilangkan rasa ngantuk memang efektif untuk jangka pendek. Namun, alangkah baiknya jika kita juga melakukan langkah yang tepat untuk jangka panjang.

Jika mata Anda masih terasa berat walaupun sudah menerapkan beberapa cara menghilangkan ngantuk di atas, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Tidak menutup kemungkinan, rasa ngantuk yang sering Anda alami dipengaruhi oleh kondisi kesehatan yang lebih serius.

Posting Komentar

0 Komentar