Tujuan Olahraga yang Harus Anda Ketahui dan Manfaatnya Bagi Tubuh Anda


Tujuan olahraga

alauddinsm - Tujuan utama olahraga adalah membuat tubuh lebih sehat, memperkuat tubuh, mengatur pernapasan, dan membantu meningkatkan imunitas. Sementara itu, tujuan olahraga setiap orang tentunya berbeda-beda. Misalnya, ada yang bertujuan untuk menurunkan berat badan, membentuk otot, menjaga kesehatan, dll. Namun, jika tujuan olahraganya dirinci, bisa dibagi menjadi beberapa hal:

 

Olahraga pendidikan: Ini digunakan dalam kurikulum pendidikan

Olahraga rekreasional: Digunakan untuk bersenang - senang dan kegembiraan

Olahraga performa: digunakan dalam turnamen dan balapan

Olahraga rehabilitasi: digunakan untuk memperbaiki kondisi tubuh

 

Empat tujuan Olahraga untuk Kesehatan

 

* Peningkatan
 
*Perlindungan
 
* Perawatan atau pengobatan
 
* Pemulihan

 

Munculnya istilah “olah raga sehat” ini membedakannya dengan olah raga profesional.

Olahraga profesional, seperti profesi lainnya, adalah olahraga yang memiliki kode moral tersendiri dan menghasilkan uang bagi seorang atlet.

Untuk menjadi atlet profesional, seseorang harus belajar dan berlatih sejak kecil di samping kemampuan lainnya. Olahraga sehat bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan.


* Peningkatan

Walaupun seseorang bebas penyakit namun belum tentu orang tersebut sehat, dengan mengukur beban latihan yang diberikan kepada orang tersebut maka kebugaran jasmani dapat digolongkan sangat kurang, teratur dan terukur disertai dengan olah raga yang cukup yang akan meningkat. kebugaran seseorang. Latihan ketahanan untuk kardio, otot, kelenturan tubuh, komposisi tubuh, kecepatan gerakan, kelincahan dan denyut nadi. Training selalu di monitor [check] agar rate yang diijinkan tidak melebihi antara 72-87% dari rate maksimum.


*perlindungan

Olah raga dapat mencegah efek negatif dari kurangnya gerak, memperlambat proses penuaan, dan mempercepat proses persalinan pada ibu hamil.


* Perawatan atau pengobatan

Membantu dalam proses penyembuhan penyakit jantung, diabetes, reumatik, asma, pengeroposan tulang, dll. Peredaran darah orang yang berolahraga lebih lancar, sehingga racun yang menumpuk di dalam tubuh cepat hilang.


* Pemulihan

Penyandang disabilitas, kerusakan otak, tuli, epilepsi, dsb, perlu melakukan olah raga yang sesuai dengan kondisi penderita, dan bila penyandang disabilitas tersebut tidak melakukan olah raga maka kecacatannya akan bertambah karena kurang gerak, dan otak menjadi lemah, menyebabkan penyakit, jantung, ginjal dan pembuluh darah, dll. Selain itu, juga diperlukan olah raga bagi penyandang disabilitas untuk menghilangkan persepsi masyarakat bahwa mereka tidak mampu melakukan apapun.

 

tujuan dan manfaat olahraga bagi tubuh

Manfaat olahraga

 

1. Meningkatkan mood

Selain tujuan olahraga yang dibahas, olahraga juga memiliki berbagai manfaat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Salah satunya, olahraga teratur dikatakan dapat mengurangi perasaan depresi, cemas, dan stres hingga terbukti memperbaiki mood menjadi lebih baik.

Dengan olahraga teratur, kepekaan otak akan terpacu untuk melepaskan hormon serotonin dan norepinefrin yang meredakan perasaan depresi. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan produksi endorfin yang diketahui membantu membangkitkan emosi positif dan mengurangi persepsi nyeri.

 

2. Memberikan energi tambahan saat beraktivitas

Olahraga teratur dapat menjadi pendorong energi yang nyata bagi orang sehat, atau orang dengan kondisi medis tertentu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur selama 6 minggu oleh seseorang yang sudah lama lelah terasa lebih baik dan mengurangi kelelahan.

Ditambah lagi, olahraga teratur membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Olahraga teratur akan memperkuat ritme siklus, membuat tubuh terasa segar di siang hari dan tidur nyenyak di malam hari. Bagi yang sulit tidur, olahraga sangat dianjurkan untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

 

3. Baik untuk otot dan tulang

Olahraga berperan penting dalam membangun dan memelihara kekuatan otot dan tulang. Selain itu, olahraga teratur akan merangsang seluruh bagian tubuh agar lebih fleksibel, dan olahraga berguna untuk membantu proses pertumbuhan tubuh. Rutinitas olahraga akan memiliki postur tubuh yang tegak dan tidak membungkuk saat berjalan.

Latihan fisik seperti angkat beban dapat merangsang pembentukan otot bila dikombinasikan dengan jumlah protein yang cukup. Ini karena olahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot Anda untuk menyerap asam amino.

Bagi seseorang yang mulai kehilangan massa otot dan fungsinya seiring bertambahnya usia, olahraga teratur dapat mengurangi kemungkinan kehilangan massa otot dan membuatnya tidak aktif. Selain itu, olahraga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang pada kaum muda.

 

4. Meningkatkan imunitas

Manfaat olahraga selanjutnya adalah memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Saat berolahraga, terjadi peningkatan hormon baik di otak, seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini diyakini berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Rutin berolahraga, Anda akan menghasilkan hormon endorfin yang menghasilkan perasaan gembira. Olah raga dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari risiko terkena kanker di kemudian hari.

 

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi memaksa jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Agar tekanan darah Anda dalam tubuh tetap normal, Anda bisa melakukan olahraga ringan secara rutin. Hipertensi sendiri merupakan tekanan darah tinggi dalam tubuh dengan tekanan 130/80 mm Hg atau lebih. Tekanan darah tinggi dapat memicu berbagai penyakit, seperti gagal jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Olahraga teratur mampu menjaga tekanan darah dan terhindar dari penyakit jantung. Selain olahraga, menjaga asupan makanan dalam tubuh juga membantu mencegah tekanan darah tinggi.

 

6. Meningkatkan kualitas aktivitas seksual

Konon olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas seksual seseorang. Aktivitas fisik seperti olah raga dapat meningkatkan performa seksual dan kenikmatan seksual, serta meningkatkan frekuensi aktivitas seksual


Itulah beberapa tujuan dan manfaat dari olahraga. Untuk kita semua semoga tidak malas untuk berolahraga karena olahraga sangatlah penting bagi tubuh kita sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar