Tempat - Tempat Yang Harus dan Wajib Dikunjungi Jika Sedang Berlibur Di Mijen Semarang Jawa Tengah

Alauddinsm -   Kecamatan Mijen adalah kecamatan yang Mempunyai 14 Desa Yaitu Kedungpane, Pesantren, Ngadirgo, Wonoplumbon, Tambangan, Wonolopo, Bubakan, Cangkiran, Karangmalang, Polaman, Purwosari, Jatibarang, Jatisari, Mijen. Kawasan kecamatan Mijen sendiri saat ini sudah memiliki banyak sekali tempat yang bagus. Alasan utamanya Kecamatan ini memiliki tempat wisata yang menarik dengan destinasi keindahannya dan juga dengan baground gunung. Tak hanya wisata alam saja tetapi juga ada banyak objek wisata yang bertemakan sejarah. Selain itu Mijen juga memiliki segudang tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan bersama keluarga ataupun sahabat.


Berikut ini adalah beberapa tempat yang wajib anda kunjungi jika ketika berada di Kawasan Mijen Semarang


1. Lakers’ Sport Club n Resto BSB

Tempat meneyangkan di Mijen BSB Semarang

Lakers Club Semarang BSB merupakan sports club yang berada di dalam kawasan Perumahan Bukit Semarang Baru BSB. Berada di sebelah atas Danau dengan pintu masuk berada di depan Cluster Puri Arga Golf. Fasilitas yang disediakan ditempat ini antara lain :

1. Kolam Renang Outdoor, Kolam renang ini jika digunakan untuk pengunjung penghuni BSB City dikenakan biaya sekitar Rp.25.000 - Rp.35.000, sedangkan untuk pengunjung dari luar perumahan dikenakan biaya sekitar Rp.40.000 - Rp.50.000

2. Edukasi Wisata, Edukasi wisata Dalam hal hutan karet paling sering dimanfaatkan oleh siswa SD dan SMP, namun tidak menutup kemungkinan juga diperuntukkan bagi orang dewasa. Sebagai bagian dari edukasi ini, anak-anak biasanya dibawa ke hutan karet Jati Asih Kota BSB, kemudian setelah melintasi hutan karet, mereka akan dibawa ke Laker Resto untuk bersantap dan menjelajahi area BSB Sport Club.

3. Organic Farm, Ditempat ini juga terdapat Organic Farm, untuk saat ini belum banyak tanamannya, namun rencananya kedepan BSB City juga akan menambah tanaman organic seperti jagung, pepaya, kacang-kacangan dan buah naga, sehingga nantinya bisa ditambahkan untuk kegiatan Wisata Edukasi. untuk anak-anak.

4. Laker´s Resto, Resto yang mereka punya cukup besar, belum lagi ruang luar untuk duduk dan makan makanan, sehingga saat kita menikmati makanan yang enak kita bisa langsung menikmati pemandangan alam yang indah, harga makanan disini juga cukup bersahabat, dari Rp3000 - Rp85000, sangat murah bukan, karena dengan pelayanan yang sangat ramah dan terampil serta menu yang enak dan porsi besar serta pemandangan yang bagus. Beberapa menu favorit (Thumb Mark pada menu) yang wajib Anda coba:

Spaghetti Chesse Bolognaise

Spaghetti Bolognaise with Dori Katsu

Laker´s Chesse Burger

Choco Chesse Sandwich

Iga Betutu Bali (Disajikan dengan nasi gurih dengan ditaburi teri asin diatasnya)

Sup Ayam Udang

Sop Iga Bakar

Mini Ball Chesse Pancake

Sweet Ice Tea

BBQ Beef Ribs Steak

5. Mini Zoo, mini zoo ini bisa dimanfaatkan untuk mengedukasi anak - anak.

6. Fitness Centre

7. ATV Car 110cc dan 200cc

8. SEGWAY

lokasi : Jalan RM Hadi Subeno Sasrowardoyo, Pesantren, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah 50212

 

2. KFC BSB

BSB Mijen terdapat KFC

KFC merupakan makanan cepat saji yang saat ini digemari banyak orang. Jika kalian adalah penyuka makanan cepat saji KFC BSB bisa menajdi pilihan yang kalian kunjungi. Buka : 08:00 - 22:00. Alamat :Jl. Semarang Boja (Kawasan BSB), Semarang Barat, Semarang

 

3. Kampung Wisata Sawah

Wisata Baru di Mijen Kampung Sawah

Desa Wisata Sawah Mijen merupakan salah satu destinasi wisata baru di Mijen Semarang. Peresmian baru dilakukan pada 30 Desember 2018 oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Destinasi wisata baru ini menawarkan persawahan sebagai daya tarik utamanya. Namun hal tersebut bukan satu-satunya objek wisata di Desa Wisata Sawah Mijen. Selain persawahan, di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Ungaran yang indah. Dari kejauhan terlihat gunung berdiri dengan gagahnya.

Sesuai dengan perkembangan zaman yang berhubungan dengan media sosial, serta memuaskan generasi masa kini yang suka selfie, keberadaan Kampung Sawah Mijen juga dilengkapi dengan tempat-tempat instagenic. Salah satunya adalah bambu yang disusun dan dibentuk sebagai tanda hati. Teman Traveler bisa berfoto di sini sesuka hati. Dengan background bidang, hasil foto akan terlihat cantik dan berbeda. Siapkan gaya terbaik ya!

Sedangkan pengunjung tidak dipungut biaya apapun, kecuali parkir. Ketentuan ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya.

Ide untuk menampilkan tujuan wisata baru tidak pernah kering. Baik di Semarang maupun di kota lain, selalu ada destinasi wisata baru yang bisa dibanggakan. Salah satunya Desa Wisata Sawah Mijen. Dan mengunjungi tempat wisata tersebut dapat dihitung sebagai upaya membantu mengembangkan pariwisata daerah.

 

4. Sirkuit Mijen

Sirkuit Nasional dan Internasional yaitu sirkuit Mijen

Sirkuit Mijen merupakan tempat yang cocok bagi kalian pecinta balapan. Sebab walikota Semarang berharap agar sirkuit ini dapat di gunakan baik nasional maupun internasional. Tak hanya untuk area balapan namun Walikota Semarang juga optimis jika sirkuit ini dapat digunakan sebagai tempat kegiatan konser musik di Semarang. Sirkuit yang berada di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen itu memiliki luas 5,4 hektare, dan panjang lintasan 1,5 km.

 

5. Pemandian Air Gonoharjo ( Ngelimut )

Pemandian air panas dekat Mijen, Ngelimut Gonoharjo

Pemandian air panas Gonoharjo merupakan salah satu obyek wisata yang terletak tidak jauh dari Mijen dan cukup terkenal di daerah Kendal Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Ungaran dengan udaranya yang segar dan lingkungan alam yang masih asri dan sayang jika dilewatkan.

Seperti namanya, di tempat wisata ini kita bisa menemukan kolam air panas yang mengandung belerang. Air belerang sendiri dipercaya memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit kulit dan menciptakan relaksasi. Ada juga kolam dingin tidak jauh dari kolam air panas. Jadi yang tidak suka air belerang bisa berenang di air dingin.

Di kawasan pemandian air panas ini juga tersedia banyak permainan untuk anak-anak. Seperti ayunan; jungkat-jungkit dan lainnya. Game jadul yang masih disukai anak-anak dirawat dengan baik oleh pengelola agar penampilan dan keamanannya tetap terjaga.

Bagi para pemburu foto, banyak juga tempat berfoto yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Nuansa yang masih alami, terdapat beberapa jenis tumbuhan yang diwarnai.

Fasilitas

Tempat Makan : Di tempat wisata ini terdapat banyak tempat makan. Ada yang berada di kawasan pemandian air panas, ada pula yang di luar (tempat parkir). Di areanya terdapat pendopo yang menghadap ke pemandangan alam yang bisa dijadikan tempat makan. Menikmati udara segar sambil berendam di air panas dilengkapi dengan santapan.

Kamar kecil : Gratis guys, termasuk tujuan htm ini

Ruang doa

parkir

Akomodasi : Ada banyak penginapan menarik di kawasan ini. Kebanyakan adalah rumah kayu.

Biaya dan jam operasional

Untuk biaya masuk ke pemandian air panas ini, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp2.000 per orang. Dengan rate ini, Anda sudah bisa menikmati sebagian besar fasilitas yang disediakan pengelola. Untuk parkir kendaraan roda 2 Rp. 2.000 dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda 4

Untuk jam operasinya, buka dari jam 08.00 sampai jam 17.00 (kadang keluar setelah jam 17.00 diperbolehkan)

Lokasi

Pemandian ini terletak di Nglimut, Gonoharjo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Perlu diketahui bahwa pemandian air panas ini hanya bisa dicapai melalui jalur darat.


6. Kebun Teh Medini

Kebun teh medini tempat berlibur yang menyegarkan dekat Mijen Semarang

Kebun teh Medini terletak di utara gunung Ungaran, di ketinggian 2050 mdpl. Secara teori, kebun teh ini terletak di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kebun teh memiliki area seluas 386,82 hektar dan dibangun pada tahun 1901 pada masa kolonial Belanda, awalnya dikelola oleh pemerintah Kerajaan Belanda.

Setiap pagi di tempat yang indah ini, Anda bisa melihat para pekerja perempuan memetik daun teh sambil menikmati sejuknya udara pegunungan.

Untuk mengunjungi kebun teh ini perlu mengorbankan sedikit waktu, jalanan disini tidak rata. Jalan yang digunakan adalah untuk truk pengangkut. Jalur di kebun teh ini berupa jalur berbatu, terjal dan licin.

Banyak wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua. Dari kota Semarang, Anda bisa mengambil jalur Pasar Jrakah - Boja melalui Kecamatan Mijen dan Cangkringan. Saat memasuki kawasan Cangkringan, Anda akan sampai di Desa Taman Rejo.

Tiket masuk ke kebun teh Medini hanya berkisar Rp 5.000 / orang. Tempat yang menarik perhatian adalah hamparan bukit teh dan beberapa pekerja pemetik teh.

Di wisata alam hijau ini, ada banyak hal yang bisa kamu jepret untuk mengabadikan kehidupan kamu dengan pemandangan bukit teh yang indah.

Ada beberapa air terjun yang menjadi salah satu tempat wisata andalan di tengah bukit teh. Curug bernama Curug Lawe ini terletak di kawasan Kalisidi, menempuh 15-20 menit perjalanan dan melalui jalan yang berkelok-kelok.

Selain itu, terdapat tiga air terjun yang mengalir dari ketinggian yang berbeda, di sini Anda bisa beristirahat sambil mandi untuk menyegarkan tubuh.

Wisata prasejarah juga tersedia disini yaitu Candi Promasan yang berupa wisata purbakala, namun beberapa reruntuhan masih tersisa.

Dulunya bangunan candi seperti Lingga, Arca, Ratna dan Jaladwara. Ada juga goa Jepang yang tidak terlalu besar dan membutuhkan perlengkapan penerangan untuk memasukinya.

 

7. Masjid Kapal

Masjid kapal yang berbentuk seperti bahtera Nabi Nuh A.S

Beberapa masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi umat Islam, tetapi juga sering menjadi tempat wisata religi. Di daerah perbatasan Semarang-Kendal yaitu di kawasan Jalan Kiyai Padak, Desa Podorejo, Kawasan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ada masjid yang berbentuk seperti bahtera Nuh a.s.

Nama asli masjid tersebut adalah Safinatun Naja. Namun kebanyakan orang menyebutnya Masjid Kapal karena bentuknya yang seperti kapal. Safinatun Naja artinya kapal penyelamat. Dibangun di atas lahan seluas 7,5 hektar, Masjid Kapal memiliki luas bangunan 2.500 meter persegi.

Ketika Anda mengunjunginya, Anda mendapat kesan bahwa Anda benar-benar melihat kapal sungguhan terjebak di sawah.

Masjid Safinatun Najah memiliki empat lantai dan memiliki tiga pintu masuk di sisi kanan dan tiga pintu di sisi kiri. Ada ruang konferensi besar di lantai dasar. Di lantai yang sama ada tempat wudhu dan toilet. Lantai dua merupakan tempat ibadah. Ada juga lukisan kakbah 3D di dinding mihrab masjid yang keren banget.

Sedangkan lantai tiga nantinya akan digunakan sebagai perpustakaan. Sedangkan untuk lantai empat, yang juga berfungsi sebagai rooftop, merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan alam dari atas. Dengan angin sepoi-sepoi, Anda bisa memanjakan diri dengan pemandangan sawah yang hijau.

 

8. Danau BSB

Tempat Berolahraga dan menikmati sore hari Danau BSB Mijen

danau BSB yang merupakan arena  pengembangan untuk rekreasi dengan memanfaatkan sumber daya air agar tercipta lingkungan binaan yang berprinsip pada eko-arsitektur.

Untuk akses menuju danau BSB sangatlah mudah. Kalian harus masuk melalui gerbang perumahan melewati pos satpam sejauh 100 meter. Dari situ pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor,  ataupun mobil pribadi  bisa langsung sampai ke lokasi tujuan, serta  memarkirkan kendaraanya di tempat yang tersedia.

Sedangkan bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, tidak perlu cemas. Dinas Perhubungan Kota Semarang  menyediakan kendaraan yang merupakan fasilitas layanan publik untuk menuju BSB.

Pesona keindahan yang disuguhkan  danau BSB tidak hanya cocok bagi kalangan remaja, tapi juga kalangan orang tua dan anak-anak. Banyak keluarga yang  datang hanya untuk duduk-duduk menikmati  keindahan alam, sekedar jalan-jalan, jogging, mengabadikan kebersamaan guna melepas penat. Karena itu, tidak mengherankan bila banyak berkunjung ke tempat ini.

Jalan di sekitar danau pun bisa digunakan  untuk bersepeda dan bermain sepatu roda. Pada hari Minggu   pengunjung bisa leluasa menggunakan jalan di sekitar danau karena pasa saat itu diberlakukan  car free day.

Untuk kalian yang suka jogging bisa melakukanya di sepanjang jalan mengitari danau. Pemandangan  di sekitar danau buatan juga sangat bagus, sehingga untuk kalangan  milenial bisa menggunakan danau buatan sebagai latar belakang berswafoto. Danau buatan di Bukit Semarang Baru bisa menjadi alternatif  tujuan liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Informasi lainnya, tidak perlu  keluar duit karena fasilitas di tempat ini semua gratis, tidak dipungut biaya.

 

9. Wisata Nirwana Stable

Tempat bermain kuda bersama keluarga di Mijen Semarang

Nirwana Stable merupakan destinasi berkuda dengan peralatan lengkap dan modern yang bisa dikunjungi siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu, tersedia instruktur mengemudi yang profesional dan berpengalaman. Oleh karena itu cocok untuk anda yang ingin berlatih menunggang kuda.

Di Nirvana Stable, Anda dapat melakukan lebih dari sekadar berkuda. Di sini Anda juga bisa melepas penat, karena destinasi wisata populer di Semarang ini juga terdapat cafe yang menawarkan ragam menu, dari hidangan tradisional hingga modern yang pasti menggugah selera.

Berlibur dan belajar menaiki kuda di Nirwana Stable, dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Mencicipi berbagai menu yang ditawarkan sambil menikmati pemandangan alam yang indah akan membuat liburan Anda sangat menyenangkan.

Nirwana Stable tidak hanya menawarkan perjalanan menunggang kuda, tetapi juga menyediakan perlengkapan dan wisata edukasi untuk anak-anak PAUD dan taman kanak-kanak. Beberapa kegiatan dapat dilakukan dalam wisata edukasi ini.

Layaknya unggas introduksi, Nirwana Stable memiliki koleksi unggas impor, mulai dari burung merak hingga ayam hutan yang didatangkan dari Vietnam, Tibet, dengan iklim yang berbeda, namun dapat juga berkembang di Indonesia.

Kemudian ada kegiatan pendidikan yang bertujuan menumbuhkan tanaman produktif. Di sini, anak-anak belajar tentang tata cara menanam tanaman yang benar, mulai dari media tanah, pemupukan, penyiraman hingga panen.

Selain itu, ada aktivitas yang disebut manajemen stabil. Kegiatan ini mengajak anak-anak belajar tentang penataan kandang kuda, mulai dari ventilasi udara hingga fasilitas lainnya. Selain itu, ada laporan tentang kuda, di mana anak-anak akan mengenal kuda, mulai dari jenis kuda, pemberian makan, perawatan, hingga cara merawat kuda yang baik.

Terakhir ada kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak yaitu Poni Ride dan Horse Ride. Sebagai bagian dari kegiatan ini, anak-anak berkesempatan untuk menunggang kuda poni dan kuda lainnya.

Nirwana Stable juga menyediakan Café & Resto yang menawarkan berbagai sajian lezat. Di restoran ini Anda bisa memuaskan selera dengan berbagai menu, dari Indonesia hingga Western. Namun, jika hanya ingin hadir, Anda bisa mampir ke kafe. Di sini Anda dapat menikmati kopi atau teh sambil melihat pedesaan yang indah.

Harga masuk kandang Nirwana relatif murah, yaitu hanya Rp10.000  per orang. Namun, jika Anda ingin belajar menunggang kuda, Anda bisa membayar satu pelajaran per pelajaran sebesar Rp 125.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan dan perlengkapan yang Anda butuhkan untuk pelatihan berkuda. Perlengkapan tersebut antara lain sepatu, sarung tangan dan helm. Jika ingin berhemat lebih bisa menggunakan paket 10 wahana dengan harga Rp 950.000.

Nirvana Stable terbuka untuk umum setiap hari dari Senin hingga Minggu. Pada hari Senin hingga Jumat, Nirwana Stable permanen buka dari jam 8.00 sampai 17.00 WIB, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu buka dari jam 8.00 sampai 19.00 WIB. Nirwana Stable terletak di Desa Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah.

 

10. Goa Kreo

berlibur di goa kreo

Goa Kreo merupakan tempat wisata yang konon merupakan tempat dimana Sunan Kalijaga mencari kayu jati untuk pembuatan Masjid Agung Demak. Terlepas dari legenda tersebut, tempat ini sangat menarik karena di sini terdapat ratusan kera ekor panjang (Macaca fascicularis) yang akan membuat pengunjung merasa rileks.

Goa Kreo terletak di tengah Waduk Jatibarang. Dengan begitu, para tamu akan betah berlama-lama seperti di sebuah pulau di Goa Kreo.

Selain wisata gua, para tamu juga dapat melakukan hal-hal lain seperti berperahu, hiking, dan hidangan gastronomi di toko-toko dan restoran terdekat. Lucunya para tamu juga bisa menikmati kopi di resto berbentuk rumah di sekitar Gua Kreo.

Bagi para tamu yang ingin bersantai di kawasan Goa Kreo juga terdapat banyak kios untuk relaksasi. Destinasi wisata ini cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati karena lokasi Goa Kreo yang jauh dari keramaian. Selain itu, banyak monyet lucu yang siap menemani perjalanan Anda ke sini.

Di Goa Kreo, wisatawan bisa merasakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola berikut ini:

Kios

Panggung hiburan

Restoran khas Semarang

Toilet

Tempat parkir

Perhatikan foto "Di atas awan"

 

Lokasi Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222.

 

11. Tugu Sidandang

Tempat wisata yang sudah bukan seperti tempat wisata

Tugu Sidandang dibangun pada tahun 1996 pada masa kepemimpinan Walikota Semarang, Soetrisno Suharto. Tugu Sidandang pun memiliki arena panggung terbuka. Pada masa itu, keberadaannya sangat diharapkan mampu mendukung rencana pengembangan wisata Agro Sodong Mijen di Jawa Tengah.

Tugu yang memiliki bentuk seperti dandang atau tempat memasak nasi zaman dahulu, berdiri di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Semarang, Jawa Tengah. Nama Tugu Sidandang pun diambil dari nama mata air Sidandang yang mengalir tak jauh dari lokasi tugu. Mata air itu selalu mengaliri sawah-sawah milik warga Purwosari.

Tugu Sidandang memiliki tinggi sekitar 15 meter termasuk pondasi. Tugu yang kini dibiarkan tak terurus itu pun berbahan plat tembaga.

Namun, sejak 2008 telah terjadi aksi pencurian tembaga di Tugu Sidandang. Akan tetapi, hingga kini pihak terkait di Kota Semarang belum bisa mengembalikan fungsi utama dari Tugu Sidandang tersebut. Padahal, bila dicermati tugu yang bergaya khas mirip candi Hindu Jawa tersebut menyimpan banyak potensi wisata dan bisa mengangkat budaya khas Mijen, Jawa Tengah.

Sekarang, kompleks area Tugu Sidandang saat ini sangat jauh berbeda dari awalnya. Tidak ada lagi pagelaran budaya atau kegiatan yang dilakukan di pelataran Tugu Sidandang. Hanya suasana sepi dan semak belukar yang menjadi panorama di tugu ini.

 

12. Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang pengendali banjir di Mijen Semarang

Waduk Jatibarang merupakan bendungan utama di kota Semarang. Selain berfungsi sebagai pengendali banjir dan berbagai pengairan, Waduk Jatibarang juga sebagai area tempat wisata.

Multifungsi inilah yang dikembangkan pemerintah kota Semarang bersama warga setempat dengan menamakan Waduk Serbaguna Jatibarang. Rindang pohon bersama jernih air bersatu padu menyuguhkan keindahan alam bagi pengunjung.

Pesona lain yang diperlihatkan Waduk Serbaguna Jatibarang ialah pengunjung dapat merasakan secara langsung kejernihan air tersebut dengan menaiki perahu yang disewakan pengelola setempat. Diperlihatkan pula gugusan perbukitan kecil atau akrab disebut Goa Kreo yang jadi tempat wisata dan berada di area Waduk Serbaguna Jatibarang.

Sejarah Singkat

Banjir di kota Semarang dari tahun ke tahun (1973, 1988, 1990, dan 1993) melatarbelakangi pembangunan Waduk Serbaguna Jatibarang.

Pembangunan dimulai 15 Oktober 2009 - 10 Januari 2014, dan diresmikan 5 Mei 2014 oleh Djoko Kirmanto, Menteri Pekerjaan Umum, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah dan Imam Santoso, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana. Peresmian tersebut ternyata bertepatan dengan Hari Air Dunia yang jatuh pada tanggal 5 Mei.

Lahan yang digunakan untuk pembangunan Waduk Jatibarang merupakan area persawahan yang dimiliki beberapa warga meliputi empat kelurahan dari dua kecamatan, yaitu Kelurahan Kandri, dan Kelurahan Jatirejo dari Kecamatan Gunungpati.

Kelurahan Jatibarang dan Kelurahan Kedungpane dari Kecamatan Mijen.

 

Waduk Jatibarang Serbaguna memiliki luas genangan 189 hektar, dengan areal permukaan waduk 1,1 km2. Sementara debit air rata-rata 2,9 m3 pertahun dengan kedalaman 0-70 meter.

Bukan hanya pemerintah kota Semarang, pembangunan yang menelan biaya lebih dari lima ratusan miliar ini konon seluruh biaya proyek berasal dari JICA Loan IP-534 (Japan International Corporate Agencies).

Dengan gabungan dari beberapa kontraktor yaitu, PT Brantas Abipraya, PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya. Sementara itu terkait pemanfaatan tempat wisata Waduk Serbaguna Semarang dikelola oleh Pokdarwis Suko Makmur.

Awal berdiri Pokdarwis Suko Makmur sendiri berawal dari adanya Waduk Jatibarang yang dulunya merupakan lahan persawahan.

Beberapa warga yang sawah dan lahannya terkena gusuran dari proyek Waduk Jatibarang akhirnya bersama-sama membentuk serta mengelola area Waduk Jatibarang menjadi area wisata dengan konsep pemandangan alam.

Dari penyedia jasa persewaan kapal, pedagang kaki lima, tiket biaya masuk, kebersihan, keamananan bersama-sama dikelola Pokdarwis Suko Makmur demi menggerakkan dan memperkenalkan wisata yang ada di Waduk Serbaguna Jatibarang.

Menyusuri luas genangan air Waduk Jatibarang dengan menaiki perahu dan melihat keindahan alam sekitar merupakan spot utama yang ditonjolkan.

Lokasi

Waduk Serbaguna Jatibarang berlokasi di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Meskipun letaknya berada di pinggir kota, namun akses menuju lokasi cukup mudah.

 

13. Curug Gondoriyo

wisata curug yang murah di Mijen Semarang

Curug Gondoriyo yang berlokasi di Dusun Karang Joho, Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Curug ini memiliki aliran air terjun setinggi 15 meter yang berasal dari Sungai Bukit Semarang Baru (BSB) dan menyambung ke Sungai Beringin. Tempat wisata ini menyajikan keindahan curug dengan pemandangan yang masih asri dan hijau. Bahkan di malam hari pun suasana curug tidak kalah istimewa, karena pihak pengelola menghiasi curug dengan lampu warna-warni yang sangat menarik.

Destinasi wisata ini resmi dibuka pada 9 Februari 2019 lalu dan langsung menarik perhatian wisatawan dengan jumlah kunjungan yang semakin meningkat. Lokasinya yang berada tidak jauh dari pusat kota dengan harga tiket masuk yang cukup murah membuat wisata curug ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Curug Gondoriyo bukan hanya menyajikan keindahan alam nan eksotis saja tetapi juga sarat akan nuansa mistis di dalamnya. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah keberadaan situs Kayu Jati yang merupakan saluran air sepanjang 25 meter dan dikenal dengan sebutan Talang Londho.

Keunikan lainnya adalah keberadaan batu tumpang yang terlihat bertumpuk-tumpuk namun tidak pernah jatuh. Sementara di sisi curug terdapat gua dengan kedalaman 2,5 meter yang di dalamnya ada area untuk pertapaan dan arca berbentuk manusia. Warga sekitar meyakini bahwa lorong gua tersebut terhubung dengan terowongan gua di wilayah lainnya.

Wisata curug di Semarang ini masih terus dikembangkan dan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

 

14. Griya Pawening Jati

tempat berkemah dan bermain bersama keluarga di Mijen Semarang Griya Pawening Jati

Pawening jati merupakan bangunan yang terletak di  desa wonolopo Mijen Semarang. Yang konon griya paweining jati ini merupakan tempat atau wadah berkumpulnya masyarakat wonolopo jika mengadakan suatu acara atau festival. nama griya pwening jati ini sudah melekat dengan nama desa wonolopo. maka dari itu griya pawening jati ini di jadikan ikon desa wonolopo. griya pawening jati ini juga merupakan tempat camp (berkemah) dan juga bisa dijadikan homestay. griya pawening jati ini merupakan bangunan kuno yang di bangun oleh bapak joko rakito selaku owner griya pawening jati. jadi jika masih penasaran datang aja di griya pawening jati.

 

15. Taman Mijen

Taman Mijen dulunya merupakan lapangan bola. Taman yang terletak di Mijen dan lokasinya dekat dengan sirkuit Mijen dan kecamatan Mijen. Taman Mijen saat ini sering dimanfaatkan oleh warga Mijen dan sekitarnya untuk berjogging maupun berolahraga.

 

16. Pemancingan Gebyar Sumyah

Pemancingan gebyar sumyah adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan makan - makan bersama keluarga. Tempat ini juga dekat dengan kampung sawah. Jadi kita bisa melakukan liburan di dua tempat dan jika lapar bisa langsung mampir ke sini. Disini juga ada kolam renang. Namun jika ingin kesini harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Sebab disini bukan seperti pemancingan lain yangh selalu ramai. Jadi mereka tidak tersedia langsung bahan bahan untuk makanan dan kolam renangnya.

 

16. Pemancingan Sekopek

Pemancingan Barokah Sekopek Mijen Semarang

Hari libur merupakan hari yang tepat untuk refresing guna melepas penat dari rutinitas sehari-hari.Selain itu, hari libur juga menjadi salah satu momen Qualitytime bersama keluarga dan kerabat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah asyiknya berkumpul bersama keluarga. Selain berwisata, makan-makan bareng keluarga besar juga menjadi salah satu kegiatan favorit sampai saat ini.

Di Kec. Mijen, ada sebuah tempat favorit untuk berkumpul bersama keluarga, tempat tersebut namanya Pemancingan Barokah, namun warga Semarang atau pengunjungnya lebih familiar dengan sebutan Pemancingan Sekopek. Hal yang menarik dari Pemancingan Sekopek adalah suasananya yang asri karena lokasi pemancingan ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

Di sini bukan hanya makanan yang bisa anda nikmati. Namun anda bisa memancing di tempat ini. Dan juga ada tempat bermain bagi anak - anak. Untuk menemukan pemancingan sekopek tidaklah hal yang sulit karena berada di pinggiran jalan alternatif Semarang-Ungaran, tepatnya di Jl. HR Hadianto,Desa Sekopek, Gunungpati, Kel. Polaman, Kec. Mijen, Semarang, Jawa Tengah 50221.

lokasi Tambangan, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah 50215

 

17. Agro Wisata Buah Purwosari Mijen

Pemerintah Kota Semarang tengah melakukan pengembangan agro wisata petik buah di Purwosari, Mijen, Kota Semarang. Tak hanya bisa memetik buah-buahan segar secara langsung, wisatawan juga dapat menikmati panorama indah dan instagramable disana.

Kebun buah ini memiliki taman dan dua greenhouse yang akan dijadikan sebagai tempat penelitian dan pengembangan tanaman milik Dinas Pertanian Kota Semarang. Jadi ketika kita berkunjung tak hanya menikmati dapat memetik buah namun bisa belajar juga untuk mengikuti penelitian.

 

18. D pong Wisata Keluarga

Destinasi ini bernuansa wisata keluarga yang menyuguhkan kenyamanan saat liburan bersamaan dengan orang-orang tersayang. Nama wisata baru di Mijen Semarang ini adalah D’Pongs. Nama yang cukup unik ini diambil dari singkatan dari Desa Pongangan yang lokasinya berada di Desa Pongangan, Gunung Pati, Semarang. Buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga setengah 5 sore.

Lokasi D’Pongs sangat mudah dijangkau lantaran berada di tepi jalan raya. Untuk petunjuk arahnya, dari arah Semarang kamu bisa mengambil jalan menuju ke Goa Kreo lalu belok ke kanan sampai ke Desa Wisata Kandri, sekitar 100 meter akan ada D’Pongs yang memiliki parkiran yang cukup luas. Lokasinya sangat strategis, dekat dengan Goa Kreo dan Dewandari.

Wisata di Semarang ini memang diperuntukkan untuk keluarga. Ada banyak wahana asyik untuk anak-anak, juga spot selfie untuk muda-mudi. Luas total dari D’Pongs ini kurang lebih 4 hektar dengan 1,5 hektar. Untuk wahana permainan yang ditawarkan di sini adalah area outbond, paintball, archery, ATV, high rope, horse riding, hammock, mini trail, petit zoo, glamping, feeding deer, dan lain sebagainya. Bagi Teman Traveler yang hobi foto, siapkan baterai kameramu. Ada payung warna-warni, bangku bunga, dan lain-lain. Dijamin akan betah berlama-lama di wisata ini.

Tertarik buat jalan-jalan ke wisata satu ini? Harga tiketnya juga sangat terjangkau lho, yaitu hanya Rp5.000 saja dan itu sudah diberi gratis air mineral. Namun kamu perlu membayar lagi beberapa wahana permainan mulai dari Rp20.000 sampai dengan Rp100.000. Harga tersebut sesuai dengan jarak dan permaianan yang dipilih. Jika kamu sekarang sedang memilih destinasi wisata untuk keluarga di Mijen Semarang, D’Pongs bisa banget untuk dijadikan pilihan.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Mijen Semarang. Sebenarnya masih ada banyak lagi namun karena keterbatasan informasi jadi tidak dapat di tambahkan di sini. Semoga kedepannya semua tempat yang ada di Semarang khususnya Mijen memiliki informasi yang lengkap supaya Anda tertarik untuk mengunjungi tempat tempat tersebut. Selamat mencoba dan semoga Anda semua bahagia.


Posting Komentar

0 Komentar