Madu Sumbawa Pengertian, Kandungan, Khasiat dan Harganya

Alauddinsm - Madu sumbawa adalah madu yang berasal dari Nusa Tenggara Barat yang sudah dikenal diseluruh Indonesia. Madu ini merupakan ikon dari Nusa Tenggara Barat. Madu dari alam asli ini dihasilkan dari lebah Apis Dorsata yang berada di kawasan hutan Sumbawa, dan juga kebah Trigona secara budidaya.

 

APa Itu Madu?

Madu merupakan cairan alamiah yang mirip dengan sirup namun lebih kental dan memiliki rasa yang manis yang dihasilkan oleh lebah / serangga lain dari nektar bunga. Rasa manis dari madu yang menyerupai gula berasal dari kandungan unsur monosakarida fruktosa dan glukosa.

Terciptanya madu berawal dari lebah yang mengeluarkan dan mengumpulkan nektar dari bunga dan dibawa kedalam sarang. Lebah dapat membawa nektar dari bunga ke sarang karena memiliki kantung madu yang berada di abdomen tubuhnya.

Madu sudah dimanfaatkan oleh manusia cukup lama, Termasuk juga dengan madu sumbawa. Manusia yang hidup di zaman dahulu menggunakan madu sebagai bahan makanan, minuman dan pemanis (perasa). Aroma dan rasa dari madu dipengaruhi oleh sumber nekatar yang diambil oleh lebah.

 

Madu Sumbawa

madu hitam sumbawa asli dari NTB khasiat, kandungan dan harga

Madu sumbawa merupakan madu yang diambil dari hutan Sumbawa. Madu ini bisa dibilang madu yang sangat istimewa sebab madu hitam Sumbawa didapat dari lebah lebah istimewa Apis dorsata yang menghasilkan madu dari pohon bidara dan pohon kopi yang asli berasal dari lebah liar hutan dan lebah penangkaran. Untuk mendapatkan madu sumbawa asli dari hutan sangatlah tidak mudah, karena pra pemburu madu alami dari alam harus berjalan kaki dan melewati jurang, tebing, serta sungai - sungai yang ada di hutan sumbawa.

Sarang lebah yang menghasilkan madu biasanya letaknya di pohon - pohon yang tinggi, seperti pohon binong.Namun nyatanya saat ini populasi pohon binong sendiri cenderung menurun, kondisi ini sangat mempengaruhi produksi madu di hutan sumbawa. Selain itu, perubahan iklim juga membuat produksi madu menurun akibat dari siklus bunga yang tidak menentu.

Madu sumbawa asli sebagian besarnya berasal dari madu hutan.Para pencari madu biasanya masih menggunakan cara tradisional, yaitu memeras madu dengan tangan, akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan upaya untuk meningkatkan kualitas madu agar lebh bersih dan higienis, pemerasannya sudah menggunakan alat peras madu.


Kandungan dan Khasiat Madu Murni / Asli

Madu memiliki banyak khasiat dan kandungan. Madu  hutan sumbawa adalah salah satu madu terbaik dan memiliki kelebihan dibanding dengan madu alam lain yang ada di Indonesia :

1. Meningkatkan stamina

Menurut para ahli dari hasil penelitian, madu dapat memberikan stamina tambahan bagi tubuh ketika kita beraktivitas. Madu juga bermanfaat untuk menyembuhkan otot setelah beraktivitas berat.

2. Untuk Kecantikan

Kulit wajah yang cantik dan bersih bisa didapatkan dengan menggunakan masker madu. Cara untuk membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mengoles madu sumbawa murni ke wajah dan diamkan hingga 10 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin.

3. Sumber Vitamin dan Mineral

Banyak macam vitamin dan mineral yang bisa didapat dari madu. Kadar vitamin dan mineral madu tergantung dari sumber nektar yang dihisap oleh lebah.

4. Mencegah kanker

Kandungan flavonoids yang berada di dalam madu dapat mengurangi resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, kandungan karsinogen juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tumor.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Madu yang kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kinerja sitem pencernaan tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Selain itu, madu juga mengandung nutraceuticals yang dapat melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan gula yang mengandung kalori dan lukosa, madu bisa dikomsumsi bagi mereka yang akan menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

7. Melindungi dari serangan Bakteri dan Jamur

Madu memiliki kandungan zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan menghindarkan tubuh dari infeksi. Jika seseorang mengalami luka gores, luka bakar, sariawan atau bibir pecah - pecah, maka madu bisa digunakan untuk mengobati hal tersebut.

8. Mengobati Radang Tenggorokan dan Batuk

Radang tenggorokan dan batuk adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh mikrobakteri. Madu memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri tersebut dan menghindarkan dari infeksi.


Khasiat madu sumbawa ini disebabkan karena madu tersebut berasal dari lebah liar yang hanya ditemukan di hutan sumbawa. Lebah madu asal sumbawa memakan nektar dari bunga pohon cendana dan atau ziziphis mauritania yang banyak tumbuh di hutan sumbawa.

Proses untuk membuat madu asli dari sumbawa sangatlah teliti dan terbebas dari proses fermentasi dan hal lain yang dapat mengurangi kualitas dan manfaat madu. Madu yang diambil dari hutan, segera diperas, disaring dan dimasukkan ke dalam botol tanpa di campur apapun.

Supaya khasiat dari madu semakin terasa, alangkah baiknya dikunyah dengan sarangnya karena sarangnya mengandung propolis mencapai 100%. Apabila memalui pemerasan maka kandungan propolisnya hanya tersisa sekitar 10%.

Propolis yang dihasilkan oleh lebah madu mengandung zat yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengaktifkan kelenjar thymus. Dan juga, propolis madu sumbawa mengandung juga berbagai zat aktif untuk mengobati thypus, demam berdarah, TBC, asam urat, diare/muntaber, flu, maag, radang ginjal, jantung, kista, asam urat, kolesterol, radang tenggorokan, luka luar kanker, trigliserin dan lainnya.

 

Harga Madu Sumbawa

Untuk harga di pasaran lokal, harga madu hutan sumbawa dihargai sekitar Rp 60.000 per botol 625 ml. Harga akan melonjak naik jika madu telah didistribusikan ke wilayah lain, misalnya di pulau lombok yang harganya menjadilebih dari Rp 100.000 per botol 625 ml.

Selain dijual dalam bentuk madu murni, ada beberapa petani madu yang memasarkan dalam bentuk madu olahan. Contohnya madu kunyit asam, madu jahe instan serta minyak sumbawa yang dikemas dalam toples.

Tidak hanya sampai disitu, bahkan sarang bekas perasan madu juga dipesan oleh beberapa perusahan kecantikan sebagai bahan baku pembuatan sabun dan alat make up.

 

Jika kalian di pulau jawa, terlebih di Jawa Tengah dan ingin mengkonsumsi madu sumbawa dapat menghubungi 


Ibu Uswatun Hasanah

No.hp/ WA : 081805823432

Alamat : Pelemkerep rt 03 rw 02 nomor 110 Mayong Jepara

Kode Pos 59465


Menerima pengiriman kemana saja. Namun biaya pengiriman ditanggung pembeli.


Posting Komentar

0 Komentar