Alauddinsm - Sudah tidak asing
lagi jika Sosial media berperan penting pada kemajuan bisnis saat ini. Akan
tetapi, sangat penting bagi Anda yang akan menjalankan bisnis melalui social
media untuk mempelajari terlebih dulu, apa saja sih dampak Media
sosial untuk bisnis Anda kedepannya.
Sosial Media merupakan platform
yang sangat terkenal untuk pemasaran bisnis. Bahkan, pemasaran melalui Sosial
Media merupakan aktivitas yang sudah sangat umum, terutama di Indonesia
Membahas mengenai dampak Sosial Media, Anda juga perlu memahami strategi Sosial media marketing yang berkaitan erat dengan keberhasilan marketing digital. Nah, agar terhindar dari dampak Sosial Media yang merugikan bisnis, mari kita lihat beberapa dampak Sosisal Media bagi bisnis di bawah ini!
Baca juga : Bisnis Online dengan Modal Minim 2020
Dampak
Positif Sosial Media
Secara umum, Sosial Media
memang memberi dampak positif dalam arti sangat menguntungkan bagi para
pebisnis.
Secara umum, perusahaan
mengalami peningkatan dalam pertumbuhan penjualan tahunan. Selain itu, masih
banyak dampak Sosial Media yang positif bagi bisnis secara khusus. Berikut ini,
beberapa dampak positifnya.
1. Dapat Membantu
Meningkatkan Traffic
Sebuah
website bisnis memerlukan traffic yang bagus supaya bisnis
tersebut dapat berkembang dan lebih banyak mendapatkan keuntungan.
Salah
satu dampak Sosial Media yang menguntungkan adalah mampu
memberikan traffic ke website bisnis seiring berjalannya waktu,
karena traffic website yang terus meningkat. Dengan semakin
banyak pengunjung, maka semakin baik pula kinerja website Anda.
Dengan
meningkatkan traffic karena dampak Sosial Media, maka
bisnis berkembang dengan cepat. Bisnis yang berbasis online sangat
membutuhkan traffic untuk mendapatkan keuntungan. Dengan
semakin banyak user yang mengunjungi website, maka secara otomatis
bisnis dapat berkembang dan mudah dikenal.
2. Konsumen Lebih Tertarget
Dampak
Sosial Media selanjutnya yang menguntungkan untuk bisnis adalah
Geo-targeting. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Lainnya,
memiliki perangkat yang dapat membantu Anda untuk memberi informasi yang sesuai
bagi konsumen.
Contohnya,
jika Anda mempunyai bisnis wisata dan ingin melakukan promosi melalui Sosial
Media berupa instagram, maka Anda dapat memposting foto / video yang dilengkapi
dengan fitur location atau hashtag.
Dengan
menggunakan fitur location di Instagram, maka
pemasaran bisnis lebih tertarget, karena audiens yang ingin mengunjungi lokasi
wisata tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan untuk menjadi konsumen.
3. Keunggulan Kompetitif
Sebagaimana
riset yang dilakukan oleh Funk, bahwa 80% perusahaan, aktif dalam satu atau
lebih Sosial Media, ternyata memiliki kemampuan untuk mendengarkan pesan
pesaing.
Jadi,
salah satu dampak Sosial Media bagi bisnis adalah
memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan strategi serta taktik bisnis yang
secara langsung melawan inisiatif pesaing.
Keadaan
ini dapat membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan keunggulan yang lebih
kompetitif.
4. Biaya Terkendali
Dampak
Sosial Media untuk bisnis dapat dilihat pada penggunaan biaya untuk
branding atau promosi. Secara umum, biaya untuk pemasaran produk ke jutaan
konsumen melalui media sosial cukup rendah, sehingga dapat mendukung perusahaan
untuk mengendalikan biaya lain.
Misalnya
biaya penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Sebuah perusahaan bisa
memaksimalkan Sosial Media untuk menjangkau beberapa pelanggan dalam satu iklan
dengan biaya yang lebih murah dibandingkan iklan televisi yang berbiaya tinggi.
5. Lebih Dekat dengan Konsumen
Media
sosial merupakan sarana yang pas untuk menciptakan hubungan dengan konsumen.
Jika dulu, hubungan produsen dan konsumen cenderung setelah terjadi transaksi,
maka dampak Sosial Media telah merubah hubungan yang ada sebelumnya.
Sebelum
bertanya lebih mengenai suatu produk, konsumen akan melakukan riset terlebih
dahulu melihat konten-konten di Sosial Media yang digunakan. Setelah itu,
konsumen kemungkinan akan bertanya mengenai informasi lebih lanjut dari produk
yang diinginkan. Dan pada akhirnya, setelah konsumen menggunakan produk,
konsumen dapat berkomentar ataupun memberikan feedback dari produk yang telah
digunakan.
Komunikasi
semacam ini hanya bisa dilakukan di Sosial Media, dan mengubah gaya komunikasi
pemasaran konvensional. Selanjutnya, pebisnis akan lebih dekat dengan konsumen
serta menjalin hubungan secara berkepanjangan.
6. Meningkatkan Brand Awareness
Dampak
Sosial Media untuk bisnis yang tidak kalah penting adalah membantu bisnis
Anda untuk meningkatkan brand awareness. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkannya
dengan biaya yang agak murah atau bias saja tidak mengeluarkan biaya sama
sekali.
Namun,
membangun brand dengan Sosial Media membutuhkan tenaga,
proses, dan waktu yang tidak sebentar. Ketika Anda melakukan promosi di Sosial
Media tanpa menggunakan iklan dan hanya menggunakan konten atau fitur gratisan,
maka cara ini sudah cukup memberikan brand awareness.
Kekurangan
jika Promosi di Sosial Media
Selain
adanya kelebihan, dampak Sosial Media terkadang bisa negatif. Bahkan, jika Kita
tidak hati-hati, dampak Sosial Media ini berefek sangat masif bagi brand bisnis.
Sosial
Media dapat diibaratkan menjadi sarana penyebar informasi dari kata ke mulut
pada zaman sekarang. Implementasi ini sejak dulu lebih dipercaya dibandingkan
dengan iklan konvensional.
Facebook,
Twitter, Instagram dan lainya adalah wadah bagi produk atau bisnis Anda bisa
dilihat banyak orang. Maka itu, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa merusak
citra positif brand Anda.
Di
era digital ini, pelanggan memiliki peluang yang mudah untuk memberikan saran,
kritik, dan testimoni yang bisa dibaca banyak orang secara langsung. Bahkan,
pelanggan dapat melakukannya tanpa adanya campur tangan pihak pemilik bisnis.
Dengan
begitu, berita positif dan negatif produk bisnis Anda, akan tersebar cepatnya
melalui Sosial Media.
Beberapa dampak
Sosial Media yang tidak baik bagi kelangsungan bisnis Anda, antara lain:
§ Dampak Sosial
Media yang paling merugikan adalah dapat menghadirkan Informasi negatif
mengenai brand yang tersebar dengan cepatnya, meskipun belum pasti
kebenarannya.
§ Data dapat
dengan mudah dicontek bahkan dipakai oleh pesaing, misalnya penggunaan foto
produk.
§ Memerlukan
waktu dan tenaga tambahan untuk memonitor informasi bisnis di media sosial,
sehingga cenderung membutuhkan pihak ketiga seperti jasa sosial media
marketing.
§ Memerlukan
waktu dan tenaga lebih dalam perencanaan pemasaran dibandingkan cara
konvensional satu arah seperti iklan di tv atau radio.
§ Dibutuhkan
biaya yang lebih atas komplain produk dari pelanggan, khususnya jika produk
harus diretur.
§ Dampak media
sosial dapat menyebabkan perang harga dengan kompetitor yang terkadang
harus membuat bisnis melakukan promosi besar-besaran.
§ Dampak media sosial dapat menyebabkan ketergantungan terhadap koneksi internet agar dapat mengakses segala data dan informasi bisnis dari media sosial.
Baca juga : Tips tips dan cara ampuh promosi yang Paling Efektif di sosial media 2020 (Nomor 7 hal yang sering dilakukan oleh semua orang)
0 Komentar