Kelebihan dan Kekurangan Ketika Kita Akan Promosi di Sosial Media

Kekurangan dan Kelebihan  Promosi di Sosial Media

Alauddinsm - Sudah tidak asing lagi jika Sosial media berperan penting pada kemajuan bisnis saat ini. Akan tetapi, sangat penting bagi Anda yang akan menjalankan bisnis melalui social media untuk mempelajari terlebih dulu, apa saja sih dampak Media sosial untuk bisnis Anda kedepannya.

 

Sosial Media merupakan platform yang sangat terkenal untuk pemasaran bisnis. Bahkan, pemasaran melalui Sosial Media merupakan aktivitas yang sudah sangat umum, terutama di Indonesia

 

Membahas mengenai dampak Sosial Media, Anda juga perlu memahami strategi Sosial media marketing yang berkaitan erat dengan keberhasilan marketing digital. Nah, agar terhindar dari dampak Sosial Media yang merugikan bisnis, mari kita lihat beberapa dampak Sosisal Media bagi bisnis di bawah ini!


Baca juga : Bisnis Online dengan Modal Minim 2020


Dampak Positif Sosial Media

Secara umum, Sosial Media memang memberi dampak positif dalam arti sangat menguntungkan bagi para pebisnis.

 

Secara umum, perusahaan mengalami peningkatan dalam pertumbuhan penjualan tahunan. Selain itu, masih banyak dampak Sosial Media yang positif bagi bisnis secara khusus. Berikut ini, beberapa dampak positifnya.



1. Dapat Membantu Meningkatkan Traffic

Sebuah website bisnis memerlukan traffic yang bagus supaya bisnis tersebut dapat berkembang dan lebih banyak mendapatkan keuntungan.

 

Salah satu dampak Sosial Media yang menguntungkan adalah mampu memberikan traffic ke website bisnis seiring berjalannya waktu, karena traffic website yang terus meningkat. Dengan semakin banyak pengunjung, maka semakin baik pula kinerja website Anda.

 

Dengan meningkatkan traffic karena dampak Sosial Media, maka bisnis berkembang dengan cepat. Bisnis yang berbasis online sangat membutuhkan traffic untuk mendapatkan keuntungan. Dengan semakin banyak user yang mengunjungi website, maka secara otomatis bisnis dapat berkembang dan mudah dikenal.

 

2. Konsumen Lebih Tertarget

Dampak Sosial Media selanjutnya yang menguntungkan untuk bisnis adalah Geo-targeting. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Lainnya, memiliki perangkat yang dapat membantu Anda untuk memberi informasi yang sesuai bagi konsumen.

 

Contohnya, jika Anda mempunyai bisnis wisata dan ingin melakukan promosi melalui Sosial Media berupa instagram, maka Anda dapat memposting foto / video yang dilengkapi dengan fitur location atau hashtag.

 

Dengan menggunakan fitur location di Instagram, maka pemasaran bisnis lebih tertarget, karena audiens yang ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan untuk menjadi konsumen.

 

3. Keunggulan Kompetitif

Sebagaimana riset yang dilakukan oleh Funk, bahwa 80% perusahaan, aktif dalam satu atau lebih Sosial Media, ternyata memiliki kemampuan untuk mendengarkan pesan pesaing.

 

Jadi, salah satu dampak Sosial Media bagi bisnis adalah  memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan strategi serta taktik bisnis yang secara langsung melawan inisiatif pesaing.

 

Keadaan ini dapat membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan keunggulan yang lebih kompetitif.

 

4. Biaya Terkendali

Dampak Sosial Media untuk bisnis dapat dilihat pada penggunaan biaya untuk branding atau promosi. Secara umum, biaya untuk pemasaran produk ke jutaan konsumen melalui media sosial cukup rendah, sehingga dapat mendukung perusahaan untuk mengendalikan biaya lain.

Misalnya biaya penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Sebuah perusahaan bisa memaksimalkan Sosial Media untuk menjangkau beberapa pelanggan dalam satu iklan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan iklan televisi yang berbiaya tinggi.

 

5. Lebih Dekat dengan Konsumen

Media sosial merupakan sarana yang pas untuk menciptakan hubungan dengan konsumen. Jika dulu, hubungan produsen dan konsumen cenderung setelah terjadi transaksi, maka dampak Sosial Media telah merubah hubungan yang ada sebelumnya.

Sebelum bertanya lebih mengenai suatu produk, konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu melihat konten-konten di Sosial Media yang digunakan. Setelah itu, konsumen kemungkinan akan bertanya mengenai informasi lebih lanjut dari produk yang diinginkan. Dan pada akhirnya, setelah konsumen menggunakan produk, konsumen dapat berkomentar ataupun memberikan feedback dari produk yang telah digunakan.

 

Komunikasi semacam ini hanya bisa dilakukan di Sosial Media, dan mengubah gaya komunikasi pemasaran konvensional. Selanjutnya, pebisnis akan lebih dekat dengan konsumen serta menjalin hubungan secara berkepanjangan.

 

6. Meningkatkan Brand Awareness

Dampak Sosial Media untuk bisnis yang tidak kalah penting adalah membantu bisnis Anda untuk meningkatkan brand awareness. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkannya dengan biaya yang agak murah atau bias saja tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

 

Namun, membangun brand dengan Sosial Media membutuhkan tenaga, proses, dan waktu yang tidak sebentar. Ketika Anda melakukan promosi di Sosial Media tanpa menggunakan iklan dan hanya menggunakan konten atau fitur gratisan, maka cara ini sudah cukup memberikan brand awareness.

 

Kekurangan jika Promosi di Sosial Media

Selain adanya kelebihan, dampak Sosial Media terkadang bisa negatif. Bahkan, jika Kita tidak hati-hati, dampak Sosial Media ini berefek sangat masif bagi brand bisnis.

 

Sosial Media dapat diibaratkan menjadi sarana penyebar informasi dari kata ke mulut pada zaman sekarang. Implementasi ini sejak dulu lebih dipercaya dibandingkan dengan iklan konvensional.

 

Facebook, Twitter, Instagram dan lainya adalah wadah bagi produk atau bisnis Anda bisa dilihat banyak orang. Maka itu, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa merusak citra positif brand Anda.

 

Di era digital ini, pelanggan memiliki peluang yang mudah untuk memberikan saran, kritik, dan testimoni yang bisa dibaca banyak orang secara langsung. Bahkan, pelanggan dapat melakukannya tanpa adanya campur tangan pihak pemilik bisnis.

 

Dengan begitu, berita positif dan negatif produk bisnis Anda, akan tersebar cepatnya melalui Sosial Media. 



Beberapa dampak Sosial Media yang tidak baik bagi kelangsungan bisnis Anda, antara lain:

 

§  Dampak Sosial Media yang paling merugikan adalah dapat menghadirkan Informasi negatif mengenai brand yang tersebar dengan cepatnya, meskipun belum pasti kebenarannya.

 

 §  Data dapat dengan mudah dicontek bahkan dipakai oleh pesaing, misalnya penggunaan foto produk.

 

  §  Memerlukan waktu dan tenaga tambahan untuk memonitor informasi bisnis di media sosial, sehingga cenderung membutuhkan pihak ketiga seperti jasa sosial media marketing.

 

 §  Memerlukan waktu dan tenaga lebih dalam perencanaan pemasaran dibandingkan cara konvensional satu arah seperti iklan di tv atau radio.

 

 §  Dibutuhkan biaya yang lebih atas komplain produk dari pelanggan, khususnya jika produk harus diretur.

 

 §  Dampak media sosial dapat menyebabkan perang harga dengan kompetitor yang terkadang harus membuat bisnis melakukan promosi besar-besaran.

 

 §  Dampak media sosial dapat menyebabkan ketergantungan terhadap koneksi internet agar dapat mengakses segala data dan informasi bisnis dari media sosial.


Baca juga : Tips tips dan cara ampuh promosi yang Paling Efektif di sosial media 2020 (Nomor 7 hal yang sering dilakukan oleh semua orang)


Posting Komentar

0 Komentar