Alauddinsm - Secara umum, perusahaan mengalami peningkatan dalam pertumbuhan penjualan tahunan. Selain itu, masih banyak dampak Sosial Media yang positif bagi bisnis secara khusus. Berikut ini, beberapa dampak positifnya.
1. Dapat Membantu Meningkatkan Traffic
Sebuah website bisnis memerlukan traffic yang bagus supaya bisnis tersebut dapat berkembang dan lebih banyak mendapatkan keuntungan.
Salah satu dampak Sosial Media yang menguntungkan adalah mampu memberikan traffic ke website bisnis seiring berjalannya waktu, karena traffic website yang terus meningkat. Dengan semakin banyak pengunjung, maka semakin baik pula kinerja website Anda.
Dengan meningkatkan traffic karena dampak Sosial Media, maka bisnis berkembang dengan cepat. Bisnis yang berbasis online sangat membutuhkan traffic untuk mendapatkan keuntungan. Dengan semakin banyak user yang mengunjungi website, maka secara otomatis bisnis dapat berkembang dan mudah dikenal.
2. Konsumen Lebih Tertarget
Dampak Sosial Media selanjutnya yang menguntungkan untuk bisnis adalah Geo-targeting. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Lainnya, memiliki perangkat yang dapat membantu Anda untuk memberi informasi yang sesuai bagi konsumen.
Contohnya, jika Anda mempunyai bisnis wisata dan ingin melakukan promosi melalui Sosial Media berupa instagram, maka Anda dapat memposting foto / video yang dilengkapi dengan fitur location atau hashtag.
Dengan menggunakan fitur location di Instagram, maka pemasaran bisnis lebih tertarget, karena audiens yang ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan untuk menjadi konsumen.
3. Keunggulan Kompetitif
Sebagaimana riset yang dilakukan oleh Funk, bahwa 80% perusahaan, aktif dalam satu atau lebih Sosial Media, ternyata memiliki kemampuan untuk mendengarkan pesan pesaing.
Jadi, salah satu dampak Sosial Media bagi bisnis adalah memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan strategi serta taktik bisnis yang secara langsung melawan inisiatif pesaing. Keadaan ini dapat membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan keunggulan yang lebih kompetitif.
4. Biaya Terkendali
Dampak Sosial Media untuk bisnis dapat dilihat pada penggunaan biaya untuk branding atau promosi. Secara umum, biaya untuk pemasaran produk ke jutaan konsumen melalui media sosial cukup rendah, sehingga dapat mendukung perusahaan untuk mengendalikan biaya lain.
Misalnya biaya penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Sebuah perusahaan dapat memaksimalkan media sosial untuk menjangkau beberapa pelanggan dalam satu iklan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan iklan televisi yang berbiaya tinggi.
5. Lebih Dekat dengan Konsumen
Media sosial merupakan sarana yang pas untuk menciptakan hubungan dengan konsumen. Jika dulu, hubungan produsen dan konsumen cenderung setelah terjadi transaksi, maka dampak Sosial Media telah merubah hubungan yang ada sebelumnya.
Sebelum bertanya lebih mengenai suatu produk, konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu melihat konten-konten di Sosial Media yang digunakan. Setelah itu, konsumen kemungkinan akan bertanya mengenai informasi lebih lanjut dari produk yang diinginkan. Dan pada akhirnya, setelah konsumen menggunakan produk, konsumen dapat berkomentar ataupun memberikan feedback dari produk yang telah digunakan.
Komunikasi semacam ini hanya bisa dilakukan di Sosial Media, dan mengubah gaya komunikasi pemasaran konvensional. Selanjutnya, pebisnis akan lebih dekat dengan konsumen serta menjalin hubungan secara berkepanjangan.
6. Meningkatkan Brand Awareness
Dampak Sosial Media untuk bisnis yang tidak kalah penting adalah membantu bisnis Anda untuk meningkatkan brand awareness. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkannya dengan biaya yang agak murah atau bias saja tidak mengeluarkan biaya sama sekali.
Namun, membangun brand dengan Sosial Media membutuhkan tenaga, proses, dan waktu yang tidak sebentar. Ketika Anda melakukan promosi di Sosial Media tanpa menggunakan iklan dan hanya menggunakan konten atau fitur gratisan, maka cara ini sudah cukup memberikan brand awareness.
Baca juga : Kekurangan jika akan Promosi di Sosial Media 2020
0 Komentar