Alauddinsm
- Selain adanya kelebihan, dampak Sosial Media
terkadang bisa negatif. Bahkan, jika Kita tidak hati-hati, dampak Sosial Media
ini berefek sangat masif bagi brand bisnis.
Sosial Media dapat diibaratkan menjadi sarana
penyebar informasi dari kata ke mulut pada zaman sekarang. Implementasi ini
sejak dulu lebih dipercaya dibandingkan dengan iklan konvensional.
Facebook, Twitter, Instagram dan lainya adalah
wadah bagi produk atau bisnis Anda bisa dilihat banyak orang. Maka itu,
sebaiknya hindari hal-hal yang bisa merusak citra positif brand Anda.
Di era digital ini, pelanggan memiliki peluang
yang mudah untuk memberikan saran, kritik, dan testimoni yang bisa dibaca
banyak orang secara langsung. Bahkan, pelanggan dapat melakukannya tanpa adanya
campur tangan pihak pemilik bisnis.
Dengan begitu, berita positif dan negatif produk bisnis Anda, akan tersebar cepatnya melalui Sosial Media.
Baca
juga : Bisnis Online dengan Modal Minim 2020
Beberapa dampak
Sosial Media yang tidak baik bagi kelangsungan bisnis Anda, antara
lain:
§ Dampak Sosial Media yang
paling merugikan adalah dapat menghadirkan Informasi negatif mengenai brand
yang tersebar dengan cepatnya, meskipun belum pasti kebenarannya.
§ Data dapat dengan mudah dicontek bahkan dipakai
oleh pesaing, misalnya penggunaan foto produk.
§ Memerlukan waktu dan tenaga tambahan untuk
memonitor informasi bisnis di media sosial, sehingga cenderung membutuhkan
pihak ketiga seperti jasa sosial media
marketing.
§ Memerlukan waktu dan tenaga lebih dalam
perencanaan pemasaran dibandingkan cara konvensional satu arah seperti iklan di
tv atau radio.
§ Dibutuhkan biaya yang lebih atas komplain produk
dari pelanggan, khususnya jika produk harus diretur.
§ Dampak media sosial dapat
menyebabkan perang harga dengan kompetitor yang terkadang harus membuat bisnis
melakukan promosi besar-besaran.
§ Dampak media sosial dapat
menyebabkan ketergantungan terhadap koneksi internet agar dapat mengakses
segala data dan informasi bisnis dari media sosial.
Alauddinsm
- Selain adanya kelebihan, dampak Sosial Media
terkadang bisa negatif. Bahkan, jika Kita tidak hati-hati, dampak Sosial Media
ini berefek sangat masif bagi brand bisnis.
Sosial Media dapat diibaratkan menjadi sarana
penyebar informasi dari kata ke mulut pada zaman sekarang. Implementasi ini
sejak dulu lebih dipercaya dibandingkan dengan iklan konvensional.
Facebook, Twitter, Instagram dan lainya adalah
wadah bagi produk atau bisnis Anda bisa dilihat banyak orang. Maka itu,
sebaiknya hindari hal-hal yang bisa merusak citra positif brand Anda.
Di era digital ini, pelanggan memiliki peluang
yang mudah untuk memberikan saran, kritik, dan testimoni yang bisa dibaca
banyak orang secara langsung. Bahkan, pelanggan dapat melakukannya tanpa adanya
campur tangan pihak pemilik bisnis.
Dengan begitu, berita positif dan negatif produk bisnis Anda, akan tersebar cepatnya melalui Sosial Media.
Baca
juga : Bisnis Online dengan Modal Minim 2020
Beberapa dampak
Sosial Media yang tidak baik bagi kelangsungan bisnis Anda, antara
lain:
0 Komentar